Cara Menyukai Matematika agar Lebih Menyenangkan

1 komentar
Cara Menyukai Matematika agar Lebih Menyenangkan

Tak sedikit siswa-siswi Indonesia yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran menakutkan, padahal banyak cara menyukai matematika agar lebih menyenangkan.Tahukah kamu? matematika menjadi salah satu ilmu pengetahuan yang wajib dimiliki oleh setiap orang, karena dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan ilmu matematika seperti menghitung, bilangan, bangunan dan lainnya.

Contoh sederhana penggunaan ilmu matematika dalam kehidupan yaitu menghitung uang, menghitung bangunan rumah dan lainnya. Jika kamu sudah mengetahui cara menyukai matematika agar lebih menyenangkan, kamu akan menganggap bahwa menghitung itu mudah.

Matematika dapat mengembangkan kecerdasan, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logis serta membantumu memecahkan masalah dengan kreatif dan tepat. Oleh sebab itu, pastikan kamu tidak malas belajar matematika lagi ya!

5 Cara Menyukai Matematika agar Lebih Menyenangkan

Jika kamu masih menganggap bahwa belajar matematika itu sulit dan mengesalkan, cobalah lakukan 5 cara menyukai matematika agar lebih menyenangkan seperti berikut ini:

1. Temukan Motivasi/Inspirasi Belajar Matematika

Cara menyukai matematika agar lebih menyenangkan yang pertama yaitu dengan menemukan motivasi atau inspirasi "kenapa kamu harus belajar matematika". Setiap orang pasti memiliki motivasi belajar yang berbeda, ada orang yang suka matematika karena ia suka menghitung, ingin menjadi ahli matematika, ingin menjadi guru matematika, atau karena ia mengidolakan seseorang yang jago matematika seperti Jerome Polin.

Ya, siapa yang tak kenal Jerome Polin, ia merupakan seorang youtuber yang juga mahasiswa Matematika di Jepang. Ia seringkali membagikan video tips and trik menghitung atau belajar matematika dengan cara yang menyenangkan. Tak sedikit pelajar Indonesia yang terinspirasi darinya untuk bisa belajar matematika dengan mudah dan menyenangkan.

2. Tanamkan Pikiran Bahwa Matematika itu Mudah

Hal yang membuatmu terus-menerus kesulitan belajar matematika karena kamu sudah menanamkan pikiran negatif terhadap mata pelajaran tersebut. Mulai dari sekarang, buang pikiran negatif tersebut, dan mulai tanamkan anggapan bahwa matematika itu mudah dan sedikit menantang.

Cara menyukai matematika agar lebih menyenangkan yang satu ini cukup efektif dan bisa mendorongmu untuk terus belajar matematika.

3. Metode Belajar yang Bervariasi

Agar belajar matematika tidak membosankan, kamu bisa menggunakan metode belajar matematika yang bervariasi. Hal ini berlaku jika kamu belajar mandiri di rumah, di mana kamu bisa menggunakan metode belajar yang baik seperti dengan cara memahami rumus, menonton video atau menggunakan perumpamaan.

Namun jika kamu belajar di sekolah, maka metode pembelajaran tergantung dari cara guru menyampaikan materi, kamu hanya perlu menyukai guru tersebut dan mengikuti pembelajaran dengan baik. Atau kamu juga bisa belajar kelompok dengan temanmu.

4. Jangan Mengejar Nilai

Cara menyukai matematika agar lebih menyenangkan selanjutnya yaitu jangan hanya terpaku pada nilai, karena hal tersebut membuatmu tertekan dan mendorongmu melakukan berbagai cara (bahkan cara yang tidak baik) hanya untuk mengejar nilai. Tanamkan pada dirimu sendiri bahwa proses itu lebih baik daripada sekedar hasil. Dengan begitu kamu bisa belajar dengan ikhlas dan dapat memahami setiap rumus matematika untuk memecahkan masalah.

5. Pelajari Secara Perlahan

Agar tidak kepusingan saat belajar matematika, alangkah baiknya kamu pelajari materi secara perlahan, alias tidak terburu-buru. Dengan belajar secara perlahan dan kontinu, maka kamu bisa memahami setiap rumus matematika dan keterkaitannya satu sama lain.

Itulah 5 cara menyukai matematika agar lebih menyenangkan yang bisa kamu lakukan. Dengan cara ini, setidaknya kamu tidak lagi kesulitan dalam memahami materi matematika dan membantu meningkatkan prestasi di sekolah.

Referensi:
https://yoursay.suara.com/amp/news/2021/04/26/111950/4-cara-ampuh-agar-anak-menyukai-pelajaran-matematika
https://www.kompasiana.com/amp/triwahyuu/10-cara-menjadikan-anak-menyukai-matematika_5740250f309373ea06e214f1
https://siedoo.com/berita-491-solusi-agar-matematika-menyenangkan/

Wahyu Achmad
Penulis biasa

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar