Cara Mengatasi Banjir Bandang Saat Musim Hujan

2 komentar
Inilah Beberapa Cara Menanggulangi Banjir Bandang Saat Musim Hujan

Cara mencegah banjir bandang saat musim hujan sangat penting diketahui, terutama bagi Anda yang tinggal di wilayah rawan longsor atau tanah longsor. Intensitas curah hujan yang tinggi seringkali membawa tanah, pohon yang tumbang, dan material lain, sehingga banjir yang terjadi bukan genangan air biasa, melainkan terjangan banjir bandang yang menimbulkan kerusakan. Jika sudah demikian, apa yang harus dilakukan?

Kenali Beberapa Cara menanggulangi Banjir Bandang Saat Musim Hujan

Ada beberapa hal yang Anda bisa lakukan, secara individu, berkelompok atau untuk skala yang lebih besar seperti pemerintahan. Lakukan hal kecil sampai yang memerlukan bantuan banyak orang untuk menanggulangi bencana dalam skala besar ini.

1. Memaksimalkan Serapan Air

Hal yang harus dilakukan tentu saja memaksimalkan penyerapan air hujan. Saat intensitas hujan tinggi, volume air di daratan akan meningkat. Jika tidak diserap secara maksimal, maka berpotensi menyebabkan banjir bandang, terutama di daerah perbukitan.

Cara menanggulangi banjir bandang saat musim hujan adalah memaksimalkan penyerapan air hujan adalah dengan menanam pohon baru. Jangan sampai anda menebang pohon sembarangan. Penanaman pohon ini dapat Anda lakukan secara mandiri di halaman rumah. Jadi, tidak perlu menunggu arahan dari pemerintah, take action dan jadilah bagian dari pencegah bencana alam.

2. Menormalkan Fungsi Saluran Air

Air hujan tidak akan menumpuk jika menemukan jalur yang tepat. Oleh karena itu, fungsi saluran air harus tetap terjaga. Anda perlu menormalkan kembali saluran air di musim hujan karena rawan penumpukan sampah saat musim kemarau.

Anda bisa memulai dari menormalkan fungsi selokan di sekitar rumah. Trekean sederhana, namun jika saluran air di sekitar rumah Anda lancar, air hijab juga tidak akan sampai menumpuk dan menyebabkan banjir.

Jika saluran air normal, air hujan akan menemukan aliran air yang tepat. Dengan demikian, genangan air hujan tidak sampai menumpuk pada satu tempat yang akhirnya menyebabkan tanggul jebol dan berpotensi banjir bandang.

3. Membuang Sampah pada Tempatnya

Seperti yang kita tahu, penyebab utama hilangnya fungsi saluran air adalah penumpukan sampah. Membuang sampah sembarangan menjadi salah satu penyebab banjir. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk membuang sampah pada tempatnya dan jangan membuang sampah sembarangan, terutama sampah yang sulit terurai, seperti plastik dan popok sekali pakai. Jangan sampai sampah berceceran dan menyumbat saluran air, apalagi jika secara sengaja dibuang ke sungai pasti aliran sungai akan tersumbat. Ini adalah Cara untuk menanggulangi banjir bandang saat musim hujan yang tiap orang bisa lakukan.

4. Tebang Pilih dan Tebang Tanam

Penebangan pohon tidak bisa dihindari, khususnya untuk daerah padat penduduk. Tapi resiko terjadinya banjir bandang perlu dipertimbangkan jadi pertimbangkan area yang aman untuk dilakukan penebangan yang tidak akan merusak ekosistem. Jika menebang pohon secara liar secara terus menerus akan beresiko terkena banjir, oleh karena itu untuk mencegah banjir anda bisa menerapkan tebang pilih dan tebang tanam.

Hal ini memerlukan aturan jelas dari pemerintah untuk melakukan penebangan untuk area yang dibutuhkan dan menanam kembali atau reboisasi. Dengan demikian, area yang ditebangi pohon tetap bisa memiliki serapa air untuk menghadapi banjir saat musim hujan.

5. Larangan Pemukiman di Area Resapan Air

Lahan kosong kerap dianggap tidak ada fungsinya. Pada faktanya area yang dibiarkan ditumbuhi pepohonan akan sangat bermanfaat untuk menghadapi banjir, khususnya saat musim penghujan. Hal ini perlu disosialisasikan baik dari tingkat edukasi sampai regulasi.

Pemerintah harus tegas dengan area yang diwaspadai akan banjir pada musim-musim tertentu. Sosialisasikan dan buat larang baik membangun pemukiman, area perdagangan atau kebutuhan lainnya yang bisa merusak area resapan air tanah yang akan mengganggu fungsinya untuk area resapan air. Dengan memberikan daerah resapan air akan sedikit terhindar dari banjir.

Sudah tahu cara menanggulangi banjir bandang saat musim hujan? Sebaiknya segera lakukan beberapa cara tersebut dan bersiap menghadapi musim hujan, ya! Jangan sampai kita dibuat menyesal karena terdampak bencana banjir bandang hanya karena kurang sadar menjaga lingkungan.

Sumber:
https://www.merdeka.com/jateng/7-cara-mencegah-banjir-di-lingkungan-sekitar-salah-satunya-bikin-sumur-serapan-kln.html
http://bpbd.pamekasankab.go.id/penanggulangan/
https://ilmugeografi.com/bencana-alam/cara-menanggulangi-banjir-bandang

Wahyu Achmad
Penulis biasa

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar