5 Amalan Baik menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW

2 komentar
5 Amalan Baik menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW

5 Amalan baik menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW pada bulan Rabiul Awal 1443 Hijriyah. Peringatan maulid Nabi sudah menjadi tradisi yang berkembang di masyarakat terutama ke umat muslim. Tradisi ini sudah ada sejak dahulu setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Tradisi maulid Nabi menjadi momen yang tepat untuk terus melakukan amalan – amalan baik, seperti bersedekah, puasa sunnah, membaca maulid, menyantuni anak yatim dan bersholawat.

Peringatan maulid Nabi jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dan menjadi pernghotmatan umat muslim kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Bulan rabiul awal menjadi bulan yang istimewa dan dimuliakan oleh semua umat muslim di seluruh dunia, karena pada Senin, 12 Rabiul Awal Tahun Gajah, terlahirnya manusia teragung di muka bumi, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Pada tahun ini peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 18 sampai 19 Oktober 2021, untuk itu simak beberapa amalan untuk menyambut Maulid Nabi sebagai berikut.

1. Perbanyak Membaca Sholawat

Perbanyaklah membaca sholawat, karena dibulan ini Nabi Muhammad SAW dilahirkan, sudah selayaknya kita membaca sholawat. Niatkan diri anda untuk terus bersholawat agar aktifitas sehari – hari dilancarkan, entah dimanapun, kapanpun selalu baca sholawat.

untuk melakukan amalan tersebut, anda bisa memulai dengan membiasakan membaca sholawat sebanyak 20 kali setelah sholat wajib, sehingga dalam sehari anda bisa membaca 100 sholawat, Insyaallah anda akan di ringakan dalam segala pekerjaan.

Membaca sholawa juga akan menguatkan cinta kita kepada baginda Nabi Muhammad SAW, agar mendapatkan berkahnya dan semoga kelak nanti kita dipertemukan dengan beliau.

2. Perbanyak Membaca Al-Quran dan Tadarus

Perbanyaklah membaca Al-Quran di bulan Rabiul Awal, karena Al-Quran merupakan kitab yang di turunkan oleh Nabi Muhammad SAW. Al-Quran juga merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad, jadi perbanyaklah tadarus Al-Quran agar kita selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Tidak harus membaca berlembar – lembar. Jika hanya mampu 8 – 10 ayat, tidak apa – apa. Anda juga bisa membacanya setelah sholat wajib. Lakukan setiap hari agar hidup anda menjadi berkah.

3. Perbanyak Sedekah

Perbanyaklah bersedekah di bulan mulia ini, niatkan sedekah sebagai wujud kegembiraan kita atas terlahirnya baginda Nabi Muhammad SAW sekaligus sebagai penghormatan kepada beliau.

Bersedekah tidak harus dengan nominal tinggi, sesuaikan dengan batas kemampuan kita, sedikit tidak apa – apa asal kita ikhlas memberi. Bersedekah tidak harus berupa harta benda, anda bisa melakukannya dengan berbuat baik dan membantu satu sama lain saling tolong menolong.

4. Berpuasa

Niatkan diri anda untuk berpuasa sunah di bulan rabiul awal ini, terutama untuk puasa senin kamis. Berpuasa sunah pada hari senin sangat di anjurkan karena bertepatan dengan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Puasa sunah senin kamis ini juga bisa di terapkan setiap minggu atau bulan, dan tidak salahnya juga kita merutinkan puasa sunnah senin kamis di bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, dan semoga puasa kita diterima oleh Allah SWT.

5. Mempelajari Kisah dan Sejarah Nabi Muhammad SAW

Mempelajari sejarah dan kisah nabi Muhammad SAW, mulai dari sejarah kelahirannya, perjuangan beliau dalam berdakwah, sifat mulianya beliau dan sahabat beliau. Anda bisa membacanya melalui buku atau melihat video tentang sejarah Nabi Muhammad SAW.

Jika anda sedang ada waktu luang, gunakan waktu itu untuk membaca buku atau video tentang sejarah Nabi Muhammad SAW, sebab bilaulah Nabi yang kita nanti – nantikan safaatnya di yaumul qiyamah nanti.

Demikianlah 5 Amalan baik menjelang maulid nabi Muhammad SAW, semoga bermanfaat. Apabila ada sedikit penulisan kata yang tidak benar saya minta maaf, Terima kasih.

Wahyu Achmad
Penulis biasa

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar