Hari Anak Sedunia 20 November Berikut Sejarahnya

Posting Komentar
Peringati Hari Anak Sedunia 20 November Berikut Sejarahnya

Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November. Hari Anak Sedunia Pada Masa Pendemi Covid 19. Hari Anak Sedunia 2021 jatuh pada Sabtu, 20 November 2021. Hari anak sedunia dicetuskan pada tahun 1954 sebagai Hari Anak Universal. Hari anak dibuat untuk menyampaikan kesadaran di antara anak - anak di seluruh dunia dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan anak.

Majelis Umum PBB membuat Deklarasi Hak – Hak Anak pada tanggal 20 November tahun 1959, lalu pada 30 tahun kemudian, tepatnya tanggal 20 november 1989, Majelis Umum PBB mengumumkan Konvensi Hak – Hak Anak.

Pada tahun 1990, Hari Anak Sedunia menjadi sebuah peringatan untuk Majelis Umum PBB ketika mengadopsi Deklarasi dan konvensi tentang hak – hak anak. Dikutip dari laman resmi PBB, para ibu, ayah, dokter, perawat, aktivis, pemimpin pemerintahan, tokoh agama, masyarakat, media massa, korporat, kaum muda dan anak – anak sendiri dapat memainkan peran penting dan menjadikan Hari Anak Sedunia momen untuk mewujudkan kesahteraan anak.

Hari Anak Sedunia menawarkan ke setiap orang agar menginspirasi, mempromosikan, mengadvokasi dan merayakan hak – hak anak. Salah satu harapan PBB yaitu masyarakat bisa mengimplementasikan hak – hak anak ke dalam sebuah dialog dan tindakan yang membangun dunia yang lebih baik untuk anak – anak.

Peringatan Hari Anak Sedunia di Tahun 2021

Peringatan Hari Anak Sedunia pada tahun 2021 ini, menjadi peringatan ke 31 tahun Konvensi Hak Anak. Konvensi Hak anak menguraikan komitmen global yang mengikat hak – hak yang tertanam pada setiap anak laki – laki dan perempuan.

Konvensi diatas merupakan perwakilkan bangsa – bangsa bersatu dan berjanji kepada anak – anak dunia untuk mengakui keunikan setiap anak dan berjanji untuk terus memberi mereka makanan, pendidikan, perawatan kesehatan dan perlindungan.

Sejak saat itu kemajuan pada bidang kesejahteraan anak mulai nampak, dan kematian anak – anak, stunting global telah menurun drastis, sampai jumlahnya kurang dari setengah persentase. Walaupun begitu sampai saat ini pekerjaan rumah tersebut belum juga selesai.

Ratusan dan jutaan anak masih ada yang menjadi korban perang, kemiskinan, diskriminasi, penyakit dan kemiskinan. United Nations Children’s Fund atau UNICEF yang memberi bantuan perkembangan kesejahteraan dan kemanusiaan jangka panjang kepada anak – anak dan ibunya di negara yang berkembang, mengatakan jika permasalahan ini semakin lama semakin bertambah.

Pada tahun ini dan sebelumnya, bersamaan dengan wabah virus COVID-19 mengakibatkan krisis hak – hak anak. Beban kesehatan dampak dari pandemi covid-19 yang menyerang anak anak mempunyai sifat langsung dan jika saja tidak ditangani, maka dapat melekat seumur hidup. Karena pandemi covid – 19 ini telah menunjukan ketidaksetaraan mempengaruhi hak setiap anak.

Hak yang mulai terkikis akibat perubahan iklim dan pandemi, salah satunya seperti akses ke pendidikan dan kesehatan mental, hingga mengakhiri diskriminasi dan rasisme. Pada sekarang ini respon saat anak – anak dan remaja menyuarakan isu – isu penting untuk generasi mereka dan menyerukan orang dewasa agar bisa mencipkan masa depan yang lebih baik.

Salah satu cara perayaan Hari Anak Sedunia 2021 yaitu dengan membagikan ucapan semangat, inspirasi dan motivasi kepada teman, sahabat atau kerabat. Hari Anak Sedunia bertujuan untuk menghormati seiap hak anak – anak diseluruh dunia.

Mungkin itu sedikit berapa ulasan tentang Hari Anak Sedunia yang jatuh setiap tanggal 20 November, kurang lebihnya minta maaf, Terima kasih.

sumber : tirto.id

Wahyu Achmad
Penulis biasa

Related Posts

Posting Komentar