Cara Hilangkan Kantuk Ketika Berkendara Cegah Kecelakaan

1 komentar
Cara Hilangkan Kantuk Ketika Berkendara Cegah Kecelakaan

Cara Hilangkan Kantuk Ketika Berkendara Cegah Kecelakaan. Tips menghilangkan rasa kantuk ketika berkendara siang malam paling ampuh, wajib anda coba. Hilangkan rasa mengantuk dengan aman sampai tujuan. Perjalanan panjang jika merasa mengantuk coba tips dan cara berikut ini untuk menghilangkannya.

Mengantuk, Ngantuk atau Kantuk adalah kondisi dimana seseorang merasa ingin tidur. Kondisi ini sudah menjadi hal wajar bagi semua makhluk hidup. Sebagai manusia rasa kantuk biasanya datang ketika siang dan malam hari, namun malam harilah manusia wajibnya tidur. Terkadang ada juga yang begadang sampai pagi, entah lembur atau lainnya.

Begadang adalah sebuah kebiasaan berjaga sampai larut malam hingga pagi datang. Kebiasaan ini bisa mengurangi Kesehatan pada tubuh. Jam tidur yang ideal untuk Remaja 14 – 17 tahun adalah 8 – 10 jam per hari, Dewasa Muda usia 18 – 25 tahun 7 – 9 jam per hari, Dewasa usia 26 – 64 tahun 7 – 9 jam per hari, kemudian untuk Lansia usia di atas 65 tahun yaitu 7 – 8 jam per hari. Jadi pastikan anda memperhatikan jam tidur anda sendiri, agar terhindar dari penyakit atau hal – hal buruk lainnya.

Mengantuk ketika berkendara bisa disebabkan karena begadang atau keseringan lembur untuk menyelesaikan pekerjaan atau yang lain. Ketika anda merasa mengantuk dan pekerjaan anda telah selesai kemudian pulang menggunakan sepeda motor atau mobil, Anda Tunda dahulu untuk pulang, karena berkendara dalam keadaan mengantuk itu bisa mengakibatkan kecelakaan.

Peluang terjadinya kecelakaan karena mengantuk itu besar, bisa saja merugikan orang lain atau membahayakan pengguna jalan lainnya. Ketika anda merasa mengantuk mau berkendara, carilah aktivitas yang bisa membuat bisa bugar kembali, minimal rasa kantuk sudah hilang dan fokus berkendara tetap ada.

Perlu anda catat, pastikan anda selalu berdoa sebelum berpergian dekat ataupun jauh, selalu berdoa ketika menaiki kendaaran bermotor, jangan mainan handphone ketika menyetir karena bisa membahayakan anda dan pengguna jalan lainnya. Ajal tidak tahu kapan datangnya, pastikan anda selalu berdoa sebelum memulai aktifitas.

Cara Hilangkan Kantuk Ketika Berkendara Cegah Kecelakaan

Agar tetap fokus berkendara dan rasa kantuk cepat hilang, kemudian tubuh kembali bugar dan prima, berkendara menjadi aman dan sampai tujuan. Anda bisa membaca beberapa cara dan tips berikut ini yaitu Cara Hilangkan Kantuk Ketika Berkendara Cegah Kecelakaan.

1. Minum Kopi

Ketika tubuh dan mata anda sudah merasa benar – benar lelah, Minumlah Kopi. Kandungan kafein di dalam kopi akan membantu menjaga kesadaran anda. Salah satu sumber kafein terbesar yaitu ada di kopi, tetapi kopi membutuhkan sekitar setengah jam sebelum efeknya terasa. Bukan hanya itu terkadang secangkir kopi saja bisa saja tidak cukup bagi orang yang sehari – harinya sudah sering mengonsumsi kopi.

Jadi walaupun efeknya sedikit lama, meminum kopi ini akan bisa menjaga kesadaran anda, ketika kesadaran anda sudah kembali pulih, tubuh sudah prima, anda bisa memulai atau melanjutkan perjalanan anda. Jangan Lupa Selalu Berdoa ketika berkendara, agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan.

2. Menepi dan Tidur Sejenak

Jika efek kopi belum ampuh untuk menghilangkan kantuk. Anda bisa mencoba tidur sejenak sebelum melakukan perjalanan, jika anda di tengah perjalanan silakan bisa menepi dan tidur sejenak terlebih dahulu. Tidurlah sekitar 15 – 20 menit, walaupun anda sedang tergesa – gesa dalam keadaan mengantuk, jangan dipaksa untuk berkendara karena peluang terjadinya kecelakaan sangat besar.

Cara ini berlaku untuk semua pengendara, entah itu motor, mobil, bus atau truk. Tidurlah sampai rasa kantuk bisa ditahan, jika waktu 15 – 20 menit masih belum cukup tidurlah lagi, walaupun sampai 30 menit tetapi keselamatan anda tetap aman dan tubuh menjadi bugar kembali.

3. Menepi dan Lakukan Peregangan

Lakukan peregangan otot sebelum berkendara merupakan cara ampuh hilangkan rasa kantuk anda. Jika anda sedang di tengah perjalanan kemudian merasakan kantuk, silakan bisa menepi terlebih dahulu untuk melakukan peregangan. Lakukan kegiatan seperti Push Up, Lari – lari kecil, Melompat atas bawah dan Gerakan pemanasan otot lainnya.

Lakukan peregangan ini sekitar 10 menit – 15 menit. Bergerak secara aktif bisa membantu pikiran tetap terjaga. Cara ini biasanya sering digunakan oleh para supir truk, jadi anda juga bisa mencobanya entah itu berkendara menggunakan bus, mobil atau motor.

4. Jangan Minum Obat dan Alkohol Sebelum atau Ketika Berkendara

Mengonsumsi obat – obatan dan alkohol bisa mengurangi fokus dan konsentrasi anda, kandungan dalam obat atau alkohol bisa menyebabkan kantuk, terkadang ada juga obat yang bisa menyebabkan mengantuk berat, itu yang harus anda waspadai ketika mau atau ketika berkendara. Hindari minum obat anti mabuk, obat anti masuk angin atau efek obatlainnya dengen efek samping mengantuk sebelum atau ketika berkendara.

Namun jika anda memang harus minum obat – obatan tertentu sesuai resep dokter, lebih baik anda jangan mengendarai motor atau mobil terlebih dahulu. Anda bisa menepi dahulu untuk mencari tempat rest area atau semacamnya untuk meminum obat tersebut, anda juga bisa tidur sejenak agar efek obat bisa meresap.

Kemudian tunggu sampai efek kantuk dari obat tersebut hilang dan pastikan rasa kantuk sudah hilang sama sekali, jika sudah anda bisa melanjutkan perjalanan anda. Jangan lupa berdoa sebelum berkendara.

5. Istirahat setiap 2 jam

Mengantuk ketika berkendara dalam perjalanan panjang merupakan hal yang sangat wajar. Untuk mencegah rasa kantuk sebaiknya anda beristirahat setiap 2 jam untuk melakukan peregangan otot atau tidur sejenak. Jangan dipaksa jika sudah merasa Lelah dan mengantuk, tubuh anda juga perlu istirahat, mata anda juga perlu tidur, jika anda paksa akan terasa berat hingga akhirnya terjadi hal yang tidak diinginkan.

Beristirahat setiap 2 jam akan membantu anda memulihkan konsentrasi dan kebugaran tubuh anda. Gunakan waktu itu untuk membasuh muka dengan air agar rasa kantuk menjadi hilang.

6. Ajak Teman Ketika Mengemudi

Biasanya rasa kantuk juga datang ketika pengemudi tidak ada lawan bicara, jadi anda bisa ajak satu atau lebih orang untuk menemani anda mengemudi. Tetapi jika anda sudah merasa mengantuk, Silakan bisa bergantian dengan teman anda yang bisa mengemudi, jika tidak ada yang bisa mengemudi silakan bisa berhenti dahulu di rest area atau tempat lain untuk memulihkan kondisi tubuh agar lebih prima dan bugar kembali. Jangan lupa selalu berdoa ketika memulai berkendara.

Ketika anda bingung bagaimana tanda – tanda tubuh kita mulai mengantuk, bagaimana mengecek keadaan tubuh kita untuk istirahat, berikut ini adalah beberapa tanda – tanda tubuh anda mulai mengantuk ketika berkendara.

  • Kelopak mata sudah berat untuk di angkat.
  • Keadaan tubuh semakin lemas.
  • Sering menguap.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Pikiran mulai kosong.
  • Tidak fokus dengan rambu lalu lintas.

Demikianlah sedikit Cara Hilangkan Kantuk Ketika Berkendara agar terhindar dari Kecelakaan dan bagaimana ciri – ciri tubuh kita sudah merasa mengantuk. Mungkin itu semoga dapat bermanfaat, Terima kasih.

Wahyu Achmad
Penulis biasa

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar