Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda dan Jenis-Jenis Narkoba

Jenis & Dampak Penyalahgunaan Narkoba Berujung Kematian

Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda dan Jenis-Jenis Narkoba. Jenis dan Dampak Penyalahgunaan Narkoba Berujung Kematian. Penyalahgunaan Narkoba Bisa Berujung Kematian. Dampak buruk penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan, diri sendiri, keluarga, kejiwaan, masyarakat dan masa depan bangsa. Dampak yang ditakuti oleh semua orang yaitu Kematian. Narkoba bisa merenggut nyawa, jangan sampai nyawa anda terbuang sia – sia cuma karena narkoba sampai meninggalkan keluarga tercinta.

Apa itu Narkoba ?

Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Obat Terlarang. Selain itu Narkoba juga memiliki singkatan lain yaitu Napza atau Narkotika, Psikotropika dan zat adiktif, singkatan ini diperkenalkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Narkoba adalah zat adiktif atau Psikotropika yang menyebabkan efek negatif bagi penggunanya, dampak yang dihasilkan sangatlah buruk bagi kesehatan fisik maupun mental hingga dapat merugikan diri sendiri.

Bahaya Narkoba Dikonsumsi Terus Menerus

Bahaya dari mengonsumsi narkoba secara terus menerus yaitu dapat menyebabkan kecanduan hingga ketergantungan dengan obat obat terlarang. Narkoba akan membuat tubuh mengalami kejang – kejang, halusinasi, sesak di dada, tingkah dan perilaku yang agresif.

Dehidrasi juga bisa menyebabkan kerusakan pada otak bagi pengguna narkoba jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Efek yang sering dialami oleh pengguna narkoba yaitu halusinasi, ini disebabkan pengguna narkoba mengonsumsi ganja. Jika narkoba dikonsumsi terus menerus setiap hari dampak yang paling buruk yaitu kematian, jadi jangan sampai mengonsumsinya.

Jenis – Jenis Narkoba dan Dampaknya

Narkoba merupakan sejenis obat yang biasa dipakai oleh dokter untuk membius pasien saat akan melakukan sebuah operasi atau proses penyembuhan penyakit. Namun, ada saja orang - orang yang kerap menggunakan zat ini untuk tujuan lain, seperti hanya untuk bersenang – senang, hanya untuk pamer dan lain sebagainya, hingga menimbulkan efek buruk bagi pengguna, mulai dari mengganggu kesehatan, mental dan fisik.

1. Morfin

Morfin diambil dari kata “morpheus” yang mempunyai arti “dewa mimpi”. Morfin adalah alkaloid analgesik kuat yang ditemukan pada tumbuhan opium. Morfin bekerja langsung di saraf pusat sebagai penghilang rasa sakit. Dampak Penyalahgunaan dari obat ini yaitu menurunkan kesadaran, pingsan, berkeringat, kejang lambung, gelisah, menyebabkan euphoria atau rasa Bahagia yang luar biasa, mulut kering, kejang lambung dan jantung berdebar – debar.

2. Ganja (Marijuana/Kanabis)

Ganja memiliki nama lain Cannabis Sativa Syn. Ganja adalah tumbuhan yang menghasilkan serat dan kandungan zat narkotika yang terletak di bijinya. Jenis narkoba ini membuat penggunanya akan mengalami euphoria atau rasa senang tanpa sebab yang berkepanjangan.

Ganja merupakan tanaman budidaya, Ganja sudah dikenal manusia sudah sejak lama. Serat dari ganja digunakan sebagai bahan pembuat kantung, bijinya sebagai bahan dasar pembuatan minyak. Namun belakangan ini negara – negara yang memiliki iklim dingin mulai membudidayakan tanaman ini dengan mengembangkannya di rumah kaca.

Tentunya ada beberapa dampak bahaya jika mengonsumsi tanaman ini yaitu tenggorokan dan mulut terasa kering, sulit untuk mengingat, sering merasa gelisah, denyut nadi dan jantung berdegup kencang, berkeringat, sulit diajak berkomunikasi.

3. Kokain

Kokain merupakan jenis narkoba yang berasal dari tanaman Erythroxylon Coca yang berasal dari Amerika Selatan. Daun pada tanaman ini dimanfaatkan untuk mendapatkan efek stimulant dengan cara dikunyah. Kokain bisa membangkitkan metabolisme sel membuat sangat cepat.

Kemudian dampak buruk lainnya dari kokain yaitu menurunnya selera makan, merasa gelisah, paranoid, gangguan pernafasan, mengalami emfisema atau kerusakan paru – paru, sering mengeluarkan dahak, menurunnya berat badan, sering mengalami kebingungan dan penglihatan, muncul masalah di kulit.

4. Heroin

Heroin dihasilkan dari pengolahan morfin secara kimiawi. Tetapi reaksi pada heroin ini bisa jadi lebih kuat dari morfin, hingga zat ini akan mudah untuk menembus otak.

Efek buruk lainnya dari Heroin adalah Pupil mengecil, Denyut nadi melemah, tekanan darah menurun, sering tidur, lemahnya otot, sering berperilaku buruk, hilangnya kepercayaan diri, gangguan bicara.

5. Opium

Opium atau opiate merupakan jenis narkoba yang berjenis bubuk, narkoba ini dihasilkan dari tanaman yang bernama papaver somniferum. Kandungan morfin yang ada di dalam bubuk ini biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Dampak buruk jika bubuk ini disalahgunakan yaitu menyebabkan hiperaktif, merasa pusing, birahi meningkat, muncul masalah kulit di bagian mulut dan leher.

6. LSD (Lysergic Acid)

LSD merupakan salah satu jenis narkoba yang termasuk ke dalam halusinogen dengan bentuk seperti lembaran kertas kecil, kapsul ataupun pil. Efek buruk dari narkoba ini yaitu Sering berhalusinasi, denyut jantung dan tekanan darah meningkat, pupil mata yang melebar, mengalami demam, depresi dan merasa pusing, mengalami gangguan persepsi dan sering terjadi paranoid.

Mungkin itu sedikit jenis – jenis narkoba dan dampaknya jika disalahgunakan. Mungkin itu yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya minta maaf, terima kasih.

Wahyu Achmad
Penulis biasa

Related Posts

Posting Komentar