Cara Buat Permen Dalgona Squid Game dengan Mudah

3 komentar
Cara Buat Permen Dalgona Squid Game dengan Mudah

Serial drama Squid Game menjadi topik perbincangan belakangan ini, karena mengandung unsur survival, ketegangan, bertahan hidup. Drama squid game ini rilis di Netflix tanggal 17 September 2021 dan trending sampai sekarang dengan jumlah penonton mencapai 111 juta orang. Squid game ditulis dan disutradarai oleh Hwang Dong-hyuk di Korea.

Drama squid game memiliki 9 episode dan berbagai macam permainan, salah satunya yaitu tantangan permen dalgona. Setiap peserta akan dibagikan sebuah permen dalgona dengan berbagai macam motif seperti segitiga, payung, kotak, lingkaran dan bintang. Tugas dari peserta adalah merapikan permen tersebut mengikuti motif hingga menjadi bentuk yang sempurna.

Permen dalgona menjadi viral semenjak rilisnya drama squid game. Banyak orang mencoba membuat permen tersebut dan mencoba tatangannya seperti serial squid game. Saking populernya permen ini, banyak penjual permen yang membuat varian permen ini.

Permen dalgona merupakan permen tradisional asal Korea yang sudah populer sejak puluhan tahun lalu dan diduga sudah ada sejak perang Korea pada tahun 1950 – 1953. Pada masa perang tersebut anggota Angkatan Darat Amerika Serikat terkadang memberikan permen ke anak-anak penduduk Korea. Mulai dari sini para orang tua dari anak – anak tersebut berinisiatif untuk membuat permen mereka sendiri dengan bahan yang terjangkau, kemudian para orang tua menamainya Dalgona (Permen Dalgona).

Jika anda ingin merasakan sensasi tantangan mengukir permen dalgona anda bisa membeli permennya, jika ingin membuatnya sendiri ikuti cara membuat permen dalgona berikut ini.

Resep Permen Dalgona Squid Game

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat permen dalgona yaitu sekitar 4 – 6 menit. Oke langsung saja silakan simak Bahan dan Alat yang dibutuhkan dibawah ini.

Bahan Permen Dalgona

  1. 1 Sendok Makan (sdm) Gula Pasir
  2. ⅛ Seperdelapan (sdt) Baking Soda

Alat Pembuatan Permen Dalgona

  1. Panci anti lengket atau Sendok stainless, Rekomendasi pakai Panci Anti Lengket agar hasil permen menjadi rapi dan cantik
  2. Cetakan Kue, bisa berbentuk segitiga, lingkaran, payung, bintang atau lainnya
  3. Alat Press atau Mangkok Stainless dengan bagian bawah datar
  4. Alas adonan kue silikon
  5. Sumpit Logam
  6. Loyang

Cara Pembuatan Permen Dalgona

  1. Hidupkan kompor, Panaskan panci anti lengket atau sendok stainless di atas kompor.
  2. Tuang 1 sendok makan (sdm) gula pasir ke dalam Panci anti lengket atau sendok stainless, panaskan dengan api kecil, jangan sampai gosong.
  3. Aduk gula dengan Sumpit logam, hingga larut sampai berwarna keemasan.
  4. Tambah ⅛ Seperdelapan (sdt) Baking Soda, aduk dengan kuat selama 6 – 10 detik hingga rata, berbuih dan jangan sampai ada gumpalan.
  5. Angkat dan tuang adonan ke atas loyang atau alas adonan silikon, lalu pipihkan dengan alat press atau bagian bawah mangkok. Rekomendasi sebelum di buat mencetak, silakan cetakan dan alat press bisa diolesi sedikit minyak agar tidak lengket.
  6. Segera cetak sesuai dengan bentuk yang anda inginkan sebelum adonan permen mengeras, tahan cetakan selama 6 – 12 detik.
  7. Diamkan permen selama 2 sampai 3 menit agar mengeras sepenuhnya.
  8. Kini permen dalgona anda telah siap.

Itulah tadi bagaimana cara membuat permen dalgona, sekarang anda bisa memotong permen tersebut dengan mengikuti motif cetakan. Pastikan anda berhati – hati saat memotongnya agar tidak rusak, diperlukan kesabaran extra agar mendapat potongan yang sempurna.

Demikianlah resep dan cara membuat permen dalgona squid game yang sedang ramai dibicarakan. Apa bila terjadi kekurangan saya minta maaf. Terima kasih.

Wahyu Achmad
Penulis biasa

Related Posts

3 komentar

Posting Komentar