Mobil Second Sering Ngadat? Coba Periksa Komponen Berikut Ini!

Mobil Second Sering Ngadat? Coba Periksa Komponen Berikut Ini! - mobbi.id

Merawat mobil memang tidak terbatas pada usia, baik baru atau bekas, mobil tetap harus dirawat dengan baik. Jika mobil sering ngadat dan macet, kemungkinan ada komponen yang sudah mulai rusak dan tak bekerja dengan baik.

Hal ini sering terjadi pada pemilik mobil bekas, pasalnya pemakaina yang lama bisa membuat kualitas komponen mobil menurun. Kalau kamu mengalami hal yang sama, jangan ragu membawa mobil second ke bengkel, ya.

Komponen Penting yang Harus Diperiksa di Mobil Bekas

Sebelum ke bengkel, kamu bisa lebih dulu memeriksa sendiri bagian mobil yang sekiranya tak berjalan baik. Setidaknya ada beberapa komponen yang harus kamu teliti dengan seksama, diantaranya adalah:

Mobil Second Sering Ngadat? Coba Periksa Komponen Berikut Ini! - Mesin yang Aus

1. Mesin yang Aus

Kendaraan yang umurnya tua biasanya mengalami aus atau kerusakan pada mesin. Jika mesin aus dan tak segera diganti dengan yang baru, mobil bisa gampang kehilangan tenaga, ngadat, keluar suara yang kasar ketiga digunakan, hingga konsumsi bahan bakar tinggi.

Lihat dan perhatikan bagaimana mesin mobil bekas milikmu, apakah masih bisa digunakan atau perlu diganti. Jangan sampai resiko kecelakaan di jalan jadi tinggi hanya karena kondisi mesin yang tak sehati. Lakukan perawatan berkala atau ganti dengan mesin yang baru jika memang perlu.

Mobil Second Sering Ngadat? Coba Periksa Komponen Berikut Ini! - Kualitas Busi Jelek

2. Kualitas Busi Jelek

Busi punya peran penting dalam komponen mesin mobil, jika kualitas busi jelek, mobil bisa tersendat-sendat ketika digunakan. Hal yang sama ketika busi terlalu lama digunakan, busi bisa memercikkan api ketika pembakaran mesin berlangsung.

Ketika mobil akhirnya panas, mobil bisa tersendat atau ngadat di jalan dan menyebabkan perjalanan terganggu. Apabila kualitas busi sudah buruk atau tak sesuai standar, jangan tunggu tunggu lagi, segera ganti dengan spare part yang baru.

3. Sistem Bahan Bakar

Tidak semua mobil second punya masalah di sistem bahan bakar, tapi tak ada salahnya mengecek apakah sistem bahan bakar masih berfungsi baik. Periksa dengan teliti bagian filter pompa, karburator, tiap sisi injector, dan komponen lainnya.

Jika komponen – komponen tersebut kotor atau tersumbat, besar kemungkinan mobil akan ngadat ketika digunakan berkendara jauh. Kamu bisa langsung bawa ke bengkel untuk pembersihan secara menyeluruh kalau tak bisa membersihkannya sendiri.

4. Sistem Injeksi Kemasukan Angin

Mobil yang tersendat ketika digunakan bisa jadi karena ada masalah dalam sistem injeksi. Saluran injeksi bahan bakar seharusnya kedap dan bebas udara, tapi jika kemasukan angin, mobil akan tersendat ketika kamu kemudikan.

Adanya aliran udara di dalam sistem injeksi bisa mengakibatkan gelembung udara. Kalau ini terjadi terus menerus, tekanan bahan bakar di dalam mesin tidak akan stabil. Segera ganti bagian injeksi bahan bakar untuk menghindari kebocoran atau hal tak menyenangkan lain.

Merawat mobil bekas memang tidak mudah, apalagi jika komponen dan sparepart-nya sudah berumur. Tapi bukan berarti mobil bekas tak layak dibeli ya, kamu bisa temukan mobil bekas terbaik di website atau aplikasi mobbi.

Wahyu Achmad
Penulis biasa

Related Posts

Posting Komentar