Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) Laptop Convertible Terbaik dengan Konektivitas 4G LTE

Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) Laptop Convertible Terbaik dengan Konektivitas 4G LTE
Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) Laptop Convertible Terbaik - image by asus.com

Laptop Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) resmi diperkenalkan Asus pada Selasa, 7 Juni 2022. Hadir sebagai partner pebisnis, laptop Asus ExpertBook B3 Flip di desain serbaguna, tangguh dan mampu menangani segala kebutuhan para pebisnis. Desain yang convertible, serta layar yang dapat diputar 360° menjadikan Asus ExpertBook B3 Flip sebagai pendamping terbaik.

Asus ExpertBook B3 Flip dirancang khusus untuk orang - orang yang bergelut dalam bidang pendidikan. Seorang pelajar, mahasiswa, akan diperlancar proses belajarnya dengan konektivitas 4G LTE. Serta guru hingga dosen, akan dipermudah pekerjaannya dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11.

Semua kesibukan bekerja sampai belajar akan teratasi cepat dengan Asus ExpertBook B3 Flip, karena laptop ini dibuat untuk bekerja kapan saja dan di mana saja pada era new normal seperti saat ini. Tampilan yang fleksibel, serta dapat beralih fungsi menjadi tablet membuat laptop ini semakin nyaman untuk dipakai.

Asus ExpertBook B3 Flip menjadi laptop bisnis pertama yang mendukung konektivitas 4G LTE. Selain ExpertBook B3 Flip, Asus juga menghadirkan ExpertBook B7 Flip (B7402) sebagai laptop bisnis pertama yang mendukung konektivitas 5G di Indonesia. Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) atau Laptop Bisnis ExpertBook B7 Flip (B7402) siap tampil menjadi partner produktivitas dan mobilitas terbaik di Indonesia.

Tak kenal maka tak sayang, kita akan berkenalan lebih jauh lagi dengan laptop pertama yang mendukung konektivitas 4G LTE yaitu Laptop Asus ExpertBook B3 Flip, laptop idaman yang diinginkan semua orang, laptop yang dapat bekerja dimana saja, laptop yang bisa diajak mobile. Nah, kita akan bahas secara bertahap, berikut daftarnya.


Tampilan Asus ExpertBook B3 Flip
Tampilan Asus ExpertBook B3 Flip - image by asus.com

Asus ExpertBook B3 Flip Siap Jadi Partner Terbaik

Kehadiran Laptop Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) menjadi kabar gembira bagi para pencinta produk ASUS. Laptop ini sengaja di desain sedemikian rupa agar bisa memenuhi kebutuhan para pengguna. Nah, kira - kira siapa saja sih target dari Asus ExpertBook B3 Flip ?

Menurut Jimmy Lin selaku ASUS Regional Director Southeast Asia, beliau mengatakan “Asus ExpertBook B3 Flip merupakan laptop yang dirancang khusus agar pelajar dan pengajar dapat bekerja serta belajar di mana saja di era new normal seperti saat ini”.

Jadi, target dari Asus ExpertBook B3 Flip adalah para pebisnis, pelajar, mahasiswa, guru hingga dosen. Jimmy Lin mengatakan dengan jelas, Asus ExpertBook B3 Flip sengaja dirancang khusus agar para pengguna dapat bekerja dan belajar di mana saja pada era new normal seperti saat ini. Asus ExpertBook B3 Flip siap menjadi partner terbaik anda saat menjalani aktivitas.

Awal Dimulainya Era Laptop 4G di Indonesia

Asus ExpertBook B3 Flip menjadi pembuka dimulainya Era Laptop 4G di Indonesia. Laptop ini menjadi spesial karena hadir dengan modem 4G terintegrasi, sehingga dapat langsung terhubung ke internet tanpa perlu perangkat tambahan. Laptop ini juga bisa diajak mobile seperti smartphone pada umumnya, Jadi cukup pasangkan kartu SIM ke dalam SIM Card Asus ExpertBook B3 Flip, maka laptop akan langsung terhubung ke jaringan 4G.

Konektivitas 4G LTE Asus ExpertBook B3 Flip
Konektivitas 4G LTE Asus ExpertBook B3 Flip - image by asus.com

Di Era digital sekarang, jaringan 4G sudah tersebar luas, sehingga pengguna Asus ExpertBook B3 Flip akan dimudahkan dalam menyelesaikan tugas. Berbeda dengan WiFi, keberadaan jaringan WiFi sangat terbatas serta kecepatan jaringan yang belum tentu stabil karena digunakan oleh banyak orang. Andai kita berhasil menemukan jaringan WiFi dalam jumlah banyak, belum tentu kita bisa connect dengan WiFi tersebut, karena kita tidak mengetahui password WiFinya.

Desain Convertible 2 in 1 Paling Unggul Saat ini

Pada umumnya laptop Convertible 2 in 1 hanya memberikan fitur flip 360 dan touchscreen saja, Namun Asus ExpertBook B3 Flip dapat memberikan fitur lebih. Laptop ini bisa menjadi Laptop biasa dan bisa menjadi tablet seutuhnya. Laptop ini dibekali banyak fitur sama seperti tablet, mulai dari kamera, touchscreen, SIM Card dan lainnya. Nah, untuk lebih lengkapnya simak ulasannya sebagai berikut.

1. SIM Card dengan Teknologi 4G dan Volume Up/Down

Asus ExpertBook B3 Flip menjadi laptop pertama yang menghadirkan MicroSD card reader + nano SIM combo dengan teknologi 4G. Fitur ini menjadi ciri khas dari Asus ExpertBook B3 Flip karena fitur ini tidak ditemukan di laptop lain.

SIM Card dan Volume Up / Down Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)
SIM Card dan Volume Up / Down Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) - image by asus.com

Agar menyamai tampilan tablet, Asus ExpertBook B3 Flip menghadirkan Volume Up/Down seperti tablet pada umumnya. Fitur ini ditambahkan agar mempermudah pengguna saat mengatur suara. Jika tidak ada fitur ini, pengguna akan kesulitan mengatur suara karena harus mencari tombol volume up/down di keyboard.

2. Dual Kamera Depan Belakang Saat Mode Tablet

Asus ExpertBook B3 Flip dilengkapi dengan 2 Kamera. Kamera pertama, berada di atas layar laptop dan kamera kedua berada dibawah atau di atas keyboard. Kenapa kamera kedua berada di bawah ? karena kamera ini akan berfungsi menjadi kamera belakang jika laptop mengaktifkan mode tabletnya.

Dual Kamera Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)
Dual Kamera Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) - image by asus.com

Asus memberikan nama pada kamera ini dengan World-Facing Camera, yang bisa diklaim akan menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi dan dapat menghasilkan video yang jernih dengan berbagai angle kamera. Kamera ini dibekali resolusi 13 Megapiksel dengan kualitas video mencapai 2160p atau 2K serta aspek rasio 16:9 dengan 30fps.

3. Tampilan Flip 360° dan Layar Multi-touch Screen

Asus ExpertBook B3 Flip mempunyai layar yang dapat diputar sampai 360°, sehingga ExpertBook B3 Flip dapat beralih fungsi menjadi tablet. Engsel dari laptop ini telah diuji hingga 30.000 kali dengan membuka dan menutup layar, ini menandakan jika laptop Asus ExpertBook B3 Flip mempunyai daya tahan yang kuat untuk menghadapi segala aktivitas pengguna.

Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) ke Mode Tablet
Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) ke Mode Tablet - image by asus.com

ExpertBook B3 Flip juga dibekali Multi-touch Screen. Asus ExpertBook B3 Flip mempunyai ukuran layar 14.0-inch. Sudah cukup besar jika digunakan untuk produktivitas. Resolusi layar ExpertBook B3 Flip juga sudah FHD (1920 x 1080) Wide View dengan ratio screen to body di angka 80%.

4. Pelindung Anti Bakteri dan Stylus Pen Serta Garasinya

Saat menjalani aktivitas, pasti ada bakteri yang mengikuti kita walaupun bentuknya tidak terlihat. Bakteri ini dapat muncul dimana saja, salah satunya bisa menempel di permukaan laptop. Namun, Asus ExpertBook B3 Flip tetap terlindungi dengan lapisan anti bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99%. Jadi, keyboard, touchpad dan bagian laptop lainnya tetap higienis saat dibawa ke luar. Laptop ini juga diuji menggunakan ISO 22196 standar yang diakui secara internasional.

Stylus Pen dan Pelindung Anti Bakteri Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)
Stylus Pen dan Pelindung Anti Bakteri Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) - image by asus.com

Agar lebih menyerupai tablet, Asus ExpertBook B3 Flip juga menyediakan Stylus Pen beserta garasinya. Kebanyakan laptop convertible menyediakan stylus pen, namun tidak menyediakan garasinya. Hal ini bisa meningkatkan peluang hilangnya stylus pen. Namun, dengan adanya fitur garasi ini, dapat meminimalisir hilangnya stylus pen.

Stylus pen Asus ExpertBook B3 Flip sudah mendukung 439 pressure sensitivity. Jadi, saat kita coba di aplikasi drawing dan menekan stylus pen dengan kuat, maka akan membuat garis menjadi tebal. Sedangkan jika kita tidak menekannya, maka akan membuat garis tipis.

Siap Menyelesaikan Segala Pekerjaan dengan Cepat

Selain menjadi laptop pertama yang mendukung konektivitas 4G, Asus ExpertBook B3 Flip juga di desain untuk menyelesaikan tugas dengan cepat. Laptop ini akan mempermudah pekerjaan anda karena Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics.

Penyimpanan Asus ExpertBook B3 Flip menggunakan SSD M.2 NVMe™ dengan kapasitas mencapai 1 TB (TeraByte). Asus memilih menggunakan SSD M.2 NVMe™ karena mempunyai kecepatan yang luar biasa. Kecepatan baca (Read) bisa mencapai 3500 MB/s dan kecepatan tulis (Write) bisa mencapai 1500 MB/s. Selain itu, Laptop ini juga dibekali RAM DDR4 3200 MHz berkapasitas Up to 48 GB.

Jadi, dengan dibekali spesifikasi di atas ASUS ExpertBook B3 Flip siap melibas segala tugas dan mengerjakannya dengan cepat, tanpa perlu khawatir aplikasi lemot atau lainnya.

Tangguh dan Kuat Disegala Uji Ketahanan

Asus ExpertBook B3 Flip mempunyai standar Militer 810H dan telah melewati segala uji ketahanan, mulai dari ketahanan engsel, port, uji tekanan, serta uji jatuh. Engsel dari ExpertBook B3 Flip telah di uji 30.000 kali dengan melakukan buka tutup pada layar. Port dari laptop ini juga telah di uji 15.000 kali dengan memasukan dan mengeluarkan perangkat yang berhubungan dengan port.

Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) Tangguh dan Kuat
Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) Tangguh dan Kuat - image by asus.com

Asus ExpertBook B3 Flip dalam uji tekanan panel mampu menahan kekuatan sebesar 25 kg tanpa adanya kerusakan pada panel LCD. Kemudian yang terakhir yaitu uji jatuh, Laptop ini telah di uji jatuh dengan ketinggian 120 cm dalam posisi hidup, hal ini dilakukan untuk menguji jika laptop jatuh dari atas meja.

Setelah melalui segala uji ketahanan, tidak diragukan lagi jika Asus ExpertBook B3 Flip dibangun dengan konstruksi yang sangat kokoh, sehingga menghasilkan laptop yang tangguh dan kuat.

AI Noise Cancelation Menjernihkan Suara dari Kebisingan

Asus ExpertBook B3 Flip dibekali teknologi AI (Artificial Intelligence) Noise Cancelation Technology yang berfungsi untuk menghilangkan suara noise saat menggunakan mic. Jadi, suara ketikan keyboard dan kebisingan lainnya tidak akan terdengar saat kita memakai mic. AI Noise Cancelation dapat di akses melalui aplikasi MyASUS.

AI Noise Cancelation Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)
AI Noise Cancelation Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) - image by asus.com

AI Noise Cancelation ini mempunyai 3 opsi dalam menyaring suara, pertama opsi Mic Noise Cancelation OFF berfungsi untuk mematikan fitur AI Noise Cancelation. Kedua, Front and Rear AI Noise Cancelation berfungsi untuk menghilangkan suara noise dari depan dan belakang. Ketiga, 360° AI Noise Cancelation berfungsi untuk menghilangkan suara noise dari berbagai sisi.

Baterai Awet dan Pengisian Cepat

Asus ExpertBook B3 Flip dibekali baterai dengan kapasitas 50 WHrs, serta waktu pengecasannya hanya membutuhkan 1 jam 30 menit dari 0 sampai 100%. Baterai laptop ini mampu bertahan hingga 11 jam dengan kegiatan seperti browsing, zoom dan lainnya.

Baterai Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)
Baterai Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) - image by asus.com

Kecepatan WiFi 6 dan Bluetooth 5.1

Asus ExpertBook B3 Flip menggunakan WiFi 6 yang merupakan WiFi versi terbaru. Jadi, saat beraktivitas di luar dengan WiFi, kecepatan WiFi laptop ini akan melesat jauh mulai dari download, upload ataupun menonton streaming. ExpertBook B3 Flip juga sudah dibekali bluetooth versi terbaru, Bluetooth 5.1.

WiFi dan Bluetooth Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)
WiFi dan Bluetooth Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) - image by asus.com

Tabel Spesifikasi Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)

Agar mengetahui lebih detail spesifikasi Asus ExpertBook B3 Flip, lihat tabel berikut.

Spesifikasi ExpertBook B3 Flip
Operation System - Windows 11 Pro (ASUS recommends Windows 11 Pro)
- Windows 11 Home
- Windows 10 Pro (ASUS recommends Windows 10 Pro)
- Windows 10 Home
- Get a FREE upgrade to Windows 111(when available, see below)
CPU - Intel® Core™ i7-1165G7 processor 2.8 GHz (12MB cache, up to 4.7 GHz, 4 cores)
- Intel® Core™ i5-1135G7 processor 2.4 GHz (8MB cache, up to 4.2 GHz, 4 cores)
- Intel® Core™ i3-1115G4 processor 3.0 GHz (6MB cache, up to 4.1 GHz, 2 cores)
GPU - Intel® Iris Xe graphics
- Intel® UHD graphics
Memory - 1 x onboard, 1 x SO-DIMM, up to 48 GB DDR4 3200 MHz
- Onboard: 4 GB/8 GB/16 GB DDR4 3200 MHz
- SO-DIMM: 4 GB/8 GB/16 GB/32 GB DDR4 3200 MHz
Storage - 1 x M.2 SSD, up to 1 TB PCIe® 3.0 SSD
- 128 GB/256 GB/512 GB M.2 PCIe®3.0 Value SSD
- 1TB M.2 PCIe®3.0 Performance SSD
Display - 14" FHD (1920 x 1080), IPS, 16:9, touch screen, LED backlit, 250 nits, 80% screen-to-body ratio, stylus support
- 14" FHD (1920 x 1080), IPS, 16:9, touch screen, wide view, LED backlit, 400 nits, 80% screen-to-body ratio, stylus support, 100% sRGB
Stylus MPP 2.0 garaged stylus (optional)
I/O Port 2 x Thunderbolt™4 Type-C (supports 4K display, USB PD3.0 ), 1 x USB 3.2 Gen1 Type-A, 1 x USB 2.0 Type-A, 1 x HDMI 2.0a, 1 x RJ45, 1 x miscroSD card and nano SIM card combo slot (LTE SKU only), 1 x 3.5 mm combo audio jack, 1 x Kensington lock slot
Video Camera 720 P HD user-facing camera, Webcam Shield; 13.0 MP world-facing camera (optional)
Wireless - Dual-band 2x2 WiFi 6 (802.11ax) + Bluetooth® 5.0
- Dual-band 2x2 WiFi 5 (802.11ac) + Bluetooth® 5.0
- Dual-band 1x1 WiFi 5 (802.11ac) + Bluetooth® 5.0
- 4G LTE embedded with 4 antenna (optional)
Audio 2 x speaker, 2 x multi-array microphone, ASUS two-way AI Noise-Canceling Technology, Cortana voice-recognition support
Weight 1.61 kg
Dimensions (WxDxH) 32.9 x 22.39 x 1.93 cm
Battery 50 Wh, 3-cell, Li-on
Security Fingerprint sensor (combo power button), TPM 2.0 (optional), Webcam Shield , Kensington lock slot
Keyboard and touchpad Full-size keyboard with 1.5 mm key travel; backlit (optional); spill-resistant to 330cc* *Quantity used during testing, with duration of 3 minutes
NumberPad Optional
Manageability ASUS Control Center (sold separately), ASUS Business Manager, MyASUS
AC adapter USB Type-C®, 65 W; Output: 20 V DC, 3.25 A; Input: 100~240 V AC 50/60 Hz universal
Energy efficiency compliance Energy star, EPEAT Silver

Harga Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)

Asus ExpertBook B3 Flip di banderol dengan harga 15 juta - 20 juta, dengan harga segitu anda sudah mendapatkan laptop bisnis pertama yang mendukung konektivitas 4G dan mendapatkan fitur – fitur menarik seperti di atas.

Harga Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)
Harga Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) - image by asus.com

Harga Asus ExpertBook B3 Flip menyesuaikan dengan spesifikasi. Jika penyimpanan 1 TB dan RAM 48 GB, Asus ExpertBook B3 Flip di banderol dengan harga tinggi. Lalu, untuk spesifikasi standar harganya berkisar 15 juta.

Penutup

Demikian ulasan mengenai ASUS ExpertBook B3 Flip, laptop ini sangat rekomendasi untuk anda. Terutama para pelajar, pebisnis, guru hingga dosen wajib mempunyai laptop ini sebagai partner kerja dan belajar. Mungkin itu yang dapat saya sampaikan, Terima kasih.

Wahyu Achmad
Penulis biasa

Related Posts

Posting Komentar