Kenali Penyebab Asam Lambung Naik Secara Umum

Kenali Penyebab Asam Lambung Naik Secara Umum

Kenali Penyebab Asam Lambung Naik Secara Umum. Penyakit Asam Lambung dapat dialami oleh orang dewasa sampai anak – anak. Gejala dari penyakit asam lambung ini, hampir mirip dengan nyeri dada hingga sering diduga sebagai serangan jantung. Penyakit Asam Lambung tidak terlalu mematikan seperti serangan jantung, Namun harus segera ditangani agar tidak terjadi komplikasi.

Penyabab asam lambung naik ternyata bisa muncul dari kebiasaan buruk. Asam Lambung Naik merupakan kondisi yang membuat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan gejala yang terasa sakit dan tidak nyaman. Salah satu penyebab asam lambung naik adalah makan yang berlebihan dan terlalu banyak.

Penyebab Asam Lambung Naik Secara Umum

Berikut ini penyebab asam lambung naik secara umum yang muncul dari kebiasaan yang buruk.

1. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Menjalani gaya hidup yang tidak sehat bisa mempengaruhi gejala asam lambung naik. Contohnya kebiasaan minum – minuman yang beralkohol, minuman bersoda, minum kopi yang berlebih dan merokok. Jika melakukan secara terus – terusan maka dapat memicu gejala Penyakit Asam Lambung Naik.

2. Mengonsumsi Makanan Asam dan Pedas

Mengonsumsi Makanan yang Pedas dan Asam yang berlebihan bisa menyebabkan asam lambung naik. Makanan pedas mengandung Capsaicin yang dapat memperlambat pengolahan makanan di lambung, sehingga lambung menjadi penuh dan memicu terjadinya nyeri di ulu hati.

3. Jadwal Makan yang Tidak Teratur

Aktivitas yang sering terjadi dan sering disepelekan yaitu Makan yang ditunda – tunda. Pola makan tidak teratur bisa menjadi penyebab asam Lambung Naik, terutama pada malam hari. Ini terjadi setelah makan, anda tidak menyedikan waktu yang cukup untuk tubuh mencerna makanan dengan langsung tidur. Oleh karena itu, untuk mencegah asam lambung naik, anda harus menghindari makan 2 jam sebelum tidur. Makan secara teratur dan terjadwal akan terhindar dari penyakit asam lambung naik.

4. Makan Berlebihan dan Tidak Mengontrolnya

Makan makanan yang berlebihan tidak membuat anda kenyang malah bisa menyebabkan naiknya asam lambung naik. Jadi, Semakin banyak anda makan berlebihan, maka produksi asam lambung akan semkain lebih banyak.

5. Berat Badan Berlebih

Seseorang yang mempunyai berat badan yang berlebih dapat mengakibatkan tekanan di area perut, sehingga beresiko dapat terjadi asam lambung naik dan GERD. Orang yang mempunyai berat badan berlebih, lebih rentan mengalami asam lambung, Gejala dari penyakit ini yaitu munculnya rasa terbakar pada dada dan bisa menjadi parah setelah makan atau ketika berbaring.

Itulah tadi Penyebab Asam Lambung Naik Secara Umum. Hindari kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan asam lambung, Gaya hidup yang baik dan melakukan perlindungan extra pada tubuh akan membantu anda terhindar dari Penyakit Asam Lambung.

Wahyu Achmad
Penulis biasa

Related Posts

Posting Komentar