5 Sebab Terjadinya Gunung Meletus Secara Umum

Posting Komentar
5 Sebab Terjadinya Gunung Meletus Secara Umum

5 Sebab Terjadinya Bencana Gunung Meletus Secara Umum. Pada umumnya bencana gunung meletus bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adanya endapan magma yang ada di dalam perut bumi yang kemudian terdorong keluar ke atas oleh gas yang bertekanan tinggi. Bencana gunung meletus biasa terjadi di gunung berapi yang masih aktif dan gunung berapi secara umum didefinisikan merupakan sebuah system fluida yang mempunyai kandungan berupa batuan cair bersuhu tinggi dan struktur yang memanjang dari kedalaman lapisan atmosfer berkisar 10 kilometer.

Saat gunung berapi meletus, hasil letusan tersebut berupa lava, gas, vulkanik, batu panas, lahar, tanah longsor, gempa bumi, awan panas, abu letusan dan aliran pasir. Jika anda tinggal di kaki atau badan gunung, dan gunung sedang erupsi sebaiknya anda bisa turun kebawah menjauh dari gunung agar terhindar dari hasil letusan gunung tersebut.

Salah satu faktor penyebab terjadinya bencana gunung meletus adalah magma yang terkumpul di bawah gunung berapi sudah penuh dan melebihi batas, sehingga menyebabkan dorongan keatas memuntahkan magma atau bisa juga di sebut dengan lava. Lava sendiri mempunyai suhu yang tinggi, antara 700 sampai 1200 derajat celcius. Lava ini sangat panas sekali, bahkan bisa membuat tubuh manusia menjadi gosong tidak tersisa, jangan sesekali anda memeganggnya.

Bencana letusan gunung berapi merupakan bencana yang sangat berbahaya hingga dapat menimbulkan banyak korban dan kerusakan pada area sekitar gunung. Total kerugian yang di hasilkan dari bencana ini juga cukup besar, jika letusan gunung dalam level sangat berbahaya maka bisa saja satu sampai dua pemukiman bisa hangus karena lava. Bukan hanya itu, efek letusan ini juga membuat pencemaran udara dan merusak alam.

5 Sebab Terjadinya Gunung Meletus Secara Umum

Bencana gunung meletus ini tentunya bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terjadinya bencana gunung meletus secara umum.

1. Pergerakan Tektonik Pada Lapisan Bumi

Faktor dari penyebab bencana gunung meletus yang pertama adalah adanya pegerakan tektonik pada lapisan bumi, pergerakan tektonik ini terjadi pada struktur lapisan bumi yang berada di bawah gunung. Pergerakan lempeng ini dapat menyebabkan tekanan pada dapur magma semakin meningkat dan pada akhirnya membuat magma tersebut menjadi terdorong ke atas.

Pergerakan tektonik juga menyebabkan suhu pada kawah menjadi meningkat secara drastis. Peningkatan suhu ini disebabkan karena naiknya magma sampai menuju tepat di bawah kawah. Bukan hanya itu efek dari suhu yang meningkat juga dapat menyebabkan air tanah di sekitar kawah menjadi kering, hewan di sekitar gunung menjadi panik dan berhamburan turun gunung untuk menyelamatkan diri.

2. Peningkatan Kegempaan Vulkanik

Faktor penyebab terjadinya gunung meletus selanjutnya yaitu peningkatan kegempaan vulkanik. Gempa vulkanik ini muncul karena ada aktifitas vulkanisme atau kegunung apian. Gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya aktivitas magma yang ada di dalam gunung berapi.

Peningkatan kegempaan vulkanik ini menjadi penyebab dari gunung meletus jika terjadi berkali – kali yang tercatat pada alat pengukur getaran bumi atau seismograf. Jika aktifitas kegempaan vulkanisme semakin membesar dan banyak, maka gunung berapi bisa meletus. Oleh karena itu, buat anda tinggal di badan atau kaki bumi harus tetap waspada terhadap faktor ini dan diimbau untuk waspada serta mengungsi.

3. Lempeng Bumi yang Saling Berdesakan

Faktor Penyebab gunung meletus ketiga adalah lempeng – lempeng bumi yang saling bergesekan atau berdesakan. Saling menghimpit satu sama lain. Kejadian ini menyebabkan tekanan yang sangat besar dan dorongan ke atas permukaan bumi, sampai menyebabkan bermacam – macam gejala tektonik lainnya. Bukan hanya itu, kejadian ini juga meningkatkan aktivitas geologi pada gunung berapi.

Perlu anda ketahui, ada salah satu bagian yang bergerak setiap saat pada bagian kerak bumi, namanya lempeng. Untuk wilayah gunung dan pegunungan adalah zona dimana kedua lempeng bisa saling bertemu, pertemuan lempeng – lempeng yang berdesakan ini bisa menyebabkan perubahan struktur pada gunung berapi.

4. Peristiwa Deformasi Badan Gunung

Faktor penyebab terjadinya bencana gunung meletus selanjutnya yaitu adanya kejadian atau peristiwa deformasi badan gunung. Deformasi badan gunung adalah sebuah kejadian meningkatnya gelombang magnet dan listrik kemudian menyebabkan struktur lapisan batuan gunung, sehingga dapat mempengarui dapur magma bagian dalam menjadi tersumbat.

Cara menganalisa deformasi pada badan gunung yaitu dengan analisa geometric yang dilakukan menggunakan hasil data pengamatan dari regangan dan pergeseran. Regangan menunjukan gerakan pada tubuh gunung api dan juga tekanan magma, sedangkan pergeseran menunjukan perubahan arah dan juga besar deformasi dengan menggunakan data posisi dari pengatan waktu yang berbeda.

5. Tekanan Sangat Tinggi

Faktor sebab terjadinya bencana gunung meletus yang terakhir adalah terdapat tekanan yang sangat tinggi dan kuat, penyebab dari gunung berapi meletus sebelumnya akan memunculkan dorongan cairan magma yang bergerak ke atas lalu masuk ke saluran kawah dan tersembur keluar.

Jika perjalanan magma saat menyusuri saluran – saluran kawah tersumbat, maka akan menimbulkan ledakan yang sangat besar, sehingga disebut dengan bencana gunung meletus. Semakin besar volume dan kuat tekanannya, maka hasil letusan akan semakin besar dan berbahaya. Jika anda tinggal di area gunung, maka anda harus waspada dan segeralah mengungsi.

Mungkin itu 5 Sebab Terjadinya Gunung Meletus Secara Umum, jangan lupa selalu waspada terhadap bencana gunung meletus, terlebih lagi buat anda yang tinggal dekat dengan area gunung, selalu waspada akan bencana ini. Kurang lebihnya saya minta maaf, terima kasih.

Wahyu Achmad
Penulis biasa

Related Posts

Posting Komentar